Artikel tentang Keterampilan Berpikir

Menggunakan Keterampilan Berpikir untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran
Oleh: Joko Sutrisno

Pendapat umum menyatakan bahwa keterampilan berpikir yang efektif merupakan suatu karakteristik yang dianggap penting oleh sekolah pada setiap jenjangnya, meskipun keterampilan berpikir seperti ini jarang diajarkan oleh guru di kelas. Mengajarkan keterampilan berpikir secara eksplisit dan memadukannya dengan materi pembelajaran (kurikulum) dapat membantu para siswa untuk menjadi pemikir yang kritis dan kreatif secara efektif. Artikel ini mencoba menjabarkan definisi keterampilan berpikir, menjelaskan bagaimana seharusnya keterampilan berpikir tersebut diajarkan di sekolah, dan menunjukkan bagaimana keterampilan berpikir tersebut diterapkan pada pembelajaran di sekolah.

 

Definisi Keterampilan Berpikir

Keterampilan berpikir dapat didefinisikan sebagai proses kognitif yang dipecah-pecah ke dalam langkah-langkah nyata yang kemudian digunakan sebagai pedoman berpikir. Satu contoh keterampilan berpikir adalah menarik kesimpulan (inferring), yang didefinisikan sebagai kemampuan untuk menghubungkan berbagai petunjuk (clue) dan fakta atau informasi dengan pengetahuan yang telah dimiliki untuk membuat suatu prediksi hasil akhir yang terumuskan. Untuk mengajarkan keterampilan berpikir menarik kesimpulan tersebut, pertama-tama proses kognitif inferring harus dipecah ke dalam langkah-langkah sebagai berikut: (a) mengidentifikasi pertanyaan atau fokus kesimpulan yang akan dibuat, (b) mengidentifikasi fakta yang diketahui, (c) mengidentifikasi pengetahuan yang relevan yang telah diketahui sebelumnya, dan (d) membuat perumusan prediksi hasil akhir.

 

Terdapat tiga istilah yang berkaitan dengan keterampilan berpikir, yang sebenarnya cukup berbeda; yaitu berpikir tingkat tinggi (high level thinking), berpikir kompleks (complex thinking), dan berpikir kritis (critical thinking). Berpikir tingkat tinggi adalah operasi kognitif yang banyak dibutuhkan pada proses-proses berpikir yang terjadi dalam short-term memory. Jika dikaitkan dengan taksonomi Bloom, berpikir tingkat tinggi meliputi evaluasi, sintesis, dan analisis. Berpikir kompleks adalah proses kognitif yang melibatkan banyak tahapan atau bagian-bagian. Berpikir kritis merupakan salah satu jenis berpikir yang konvergen, yaitu menuju ke satu titik. Lawan dari berpikir kritis adalah berpikir kreatif, yaitu jenis berpikir divergen, yang bersifat menyebar dari suatu titik.

Dalam makalahnya Andrew P. Jhonson (The Educational Resources Information Center (ERIC),  2002) memberikan contoh 10 keterampilan berpikir kritis dan 8 keterampilan berpikir kreatif beserta kerangka berpikirnya. Yang dimaksud dengan kerangka berpikir adalah suatu representasi dari proses kognitif tertentu yang dipecah ke dalam langkah-langkah spesifik dan digunakan untuk mendukung proses berpikir. Kerangka berpikir tersebut digunakan sebagai petunjuk berpikir bagi siswa ketika mereka mempelajari suatu keterampilan berpikir. Dalam praktiknya, kerangka berpikir tersebut dapat dibuat dalam bentuk poster yang ditempatkan di dalam ruang kelas untuk membantu proses belajar mengajar.

Mengajarkan Keterampilan Berpikir

Jika pengajaran keterampilan berpikir kepada siswa belum sampai pada tahap siswa dapat mengerti dan belajar menggunakannya, maka keterampilan berpikir tidak akan banyak bermanfaat. Pembelajaran yang efektif dari suatu keterampilan memiliki empat komponen, yaitu: identifikasi komponen-komponen prosedural, instruksi dan pemodelan langsung, latihan terbimbing, dan latihan bebas.

 

Pada dasarnya pembelajaran keterampilan berpikir dapat dengan mudah dilakukan. Sayangnya, kondisi pembelajaran yang ada di kebanyakan sekolah di Indonesia belum begitu mendukung untuk terlaksananya pembelajaran ketrampilan berpikir yang efektif. Beberapa kendalanya antara lain pembelajaran di sekolah masih terfokus pada guru, belum student centered; dan fokus pendidikan di sekolah lebih pada yang bersifat menghafal/pengetahuan faktual. Keterampilan berpikir sebenarnya merupakan suatu keterampilan yang dapat dipelajari dan diajarkan, baik di sekolah maupun melalui belajar mandiri. Yang perlu diperhatikan dalam pengajaran keterampilan berpikir ini adalah bahwa keterampilan tersebut harus dilakukan melalui latihan yang sesuai dengan tahap perkembangan kognitif anak. Tahapan tersebut adalah:

 

1. Identifikasi komponen-komponen prosedural

Siswa diperkenalkan pada keterampilan dan langkah-langkah khusus yang diperlukan dalam keterampilan tersebut. Ketika mengajarkan keterampilan berpikir, siswa diperkenalkan pada kerangka berpikir yang digunakan untuk menuntun pemikiran siswa.

 

2. Instruksi dan pemodelan langsung

Selanjutnya, guru memberikan instruksi dan pemodelan secara eksplisit, misalnya tentang kapan keterampilan tersebut dapat digunakan. Instruksi dan pemodelan ini dimaksudkan supaya siswa memiliki gambaran singkat tentang keterampilan yang sedang dipelajari, sehingga instruksi dan pemodelan ini harus relatif ringkas.

 

3. Latihan terbimbing

Latihan terbimbing seringkali dianggap sebagai instruksi bertingkat seperti sebuah tangga. Tujuan dari latihan terbimbing adalah memberikan bantuan kepada anak agar nantinya bisa menggunakan keterampilan tersebut secara mandiri. Dalam tahapan ini guru memegang kendali atas kelas dan melakukan pengulangan-pengulangan.

 

4. Latihan bebas

Guru mendesain aktivitas sedemikian rupa sehingga siswa dapat melatih keterampilannya secara mandiri, misalnya berupa pekerjaan rumah. Jika ketiga langkah pertama telah diajarkan secara efektif, maka diharapkan siswa akan mampu menyelesaikan tugas atau aktivitas ini 95% - 100%. Latihan mandiri tidak berarti sesuatu yang menantang, melainkan sesuatu yang dapat melatih keterampilan yang telah diajarkan.

 

Bagaimana dengan Di Indonesia?

Jika kita kembalikan kepada dunia pendidikan di Indonesia, yang menjadi masalah adalah bagaimana cara mengajarkan keterampilan berpikir tersebut di sekolah sehingga ia bisa menjadi sesuatu yang dapat memperbaiki belajar siswa. Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk melakukan hal ini, yaitu keterampilan berpikir dijadikan terpadu dengan bidang studi yang diajarkan atau keterampilan berpikir diajarkan secara terpisah. Di beberapa wilayah di Jerman, sekolah mengajarkan pelajaran Logika kepada para siswanya.

 

Di Indonesia, pengajaran keterampilan berpikir memiliki beberapa kendala. Salah satunya adalah terlalu dominannya peran guru di sekolah sebagai penyebar ilmu atau sumber ilmu, sehingga siswa hanya dianggap sebagai sebuah wadah yang akan diisi dengan ilmu oleh guru. Kendala lain yang sebenarnya sudah cukup klasik namun memang sulit dipecahkan, adalah sistem penilaian prestasi siswa yang lebih banyak didasarkan melalui tes-tes yang sifatnya menguji kemampuan kognitif tingkat rendah. Siswa yang dicap sebagai siswa yang pintar atau sukses adalah siswa yang lulus ujian. Ini merupakan masalah lama yang sampai sekarang masih merupakan polemik yang cukup seru bagi dunia pendidikan di Indonesia. Kurikulum Berbasis Kompetensi yang sudah mulai diterapkan di Indonesia sebenarnya cukup kondusif bagi pengembangan pengajaran keterampilan berpikir, karena mensyaratkan siswa sebagai pusat belajar. Namun demikian, bentuk penilaian yang dilakukan terhadap kinerja siswa masih cenderung mengikuti pola lama, yaitu model soal-soal pilihan ganda yang lebih banyak memerlukan kemampuan siswa untuk menghafal.

 

Prinsip-prinsip yang harus diperhatikan dalam pengajaran keterampilan berpikir di sekolah antara lain adalah sebagai berikut:

    - keterampilan berpikir tidak otomatis dimiliki siswa

    - keterampilan berpikir bukan merupakan hasil langsung dari pengajaran suatu bidang studi

    - pada kenyataannya siswa jarang melakukan transfer sendiri keterampilan berpikir ini, sehingga perlu adanya latihan terbimbing

    -  pengajaran keterampilan berpikir memerlukan model pembelajaran yang berpusat kepada siswa (student-centered). 

Selain beberapa prinsip di atas, satu hal yang tidak kalah pentingnya dalam pengajaran keterampilan berpikir adalah perlunya latihan-latihan yang intensif. Seperti halnya keterampilan yang lain, dalam keterampilan berpikir siswa perlu mengulang untuk melatihnya walaupun sebenarnya keterampilan ini sudah menjadi bagian dari cara berpikirnya. Latihan rutin yang dilakukan siswa akan berdampak pada efisiensi dan otomatisasi keterampilan berpikir yang telah dimiliki siswa. Dalam proses pembelajaran di kelas, guru harus selalu menambahkan keterampilan berpikir yang baru dan mengaplikasikannya dalam pelajaran lain sehingga jumlah atau macam keterampilan berpikir siswa bertambah banyak.

 

Kesimpulan

Berpikir secara efektif merupakan suatu karakteristik yang bermanfaat dalam pembelajaran di sekolah pada tiap jenjangnya; meskipun bagaimana berpikir secara efektif ini jarang mendapatkan perhatian dari para guru. Riset menunjukkan bahwa meskipun keterampilan dasar siswa tetap konsisten atau sedikit mengalami kenaikan, tetapi siswa tidak memperoleh keterampilan strategi berpikir secara efektif di sekolah. Jika siswa mempelajari cara berpikir tingkat yang lebih tinggi dan kompleks, maka masuk akal bahwa instruksi keterampilan berpikir tersebut dapat dipakai sebagai alat yang potensial untuk meningkatkan pembelajaran di sekolah. Dengan kata lain, jika kita ingin siswa menjadi pemikir yang handal, kita harus mengajarkan caranya.





posted by: patman (reply)
post date: 02.08.09 (11:17 pm)

berpikir demi pengetahuan yang berujung pangkal pada kebodohan sejati....
itulah puncak berpikir bagi saya...



posted by: maxx0101 (reply)
post date: 05.25.09 (1:15 pm)

red sea



posted by: kardozo (reply)
post date: 05.26.09 (11:26 am)

plant in house



posted by: NifsBeldinend (reply)
post date: 07.16.09 (1:20 pm)

Billiards, pool
Croatia Service



posted by: idomyimmaph (reply)
post date: 10.28.09 (9:47 pm)

An antidepressant is a medication used primarily in the treatment of depression.
Depression can occur if some of the chemicals called neurotransmitters in the brain are not functioning effectively.
There are three specific chemicals that can affect a person's mood
Antidepressants affect one or more of these chemicals in different ways to help stabilize the chemical imbalance often seen in depression.



posted by: Cialis (reply)
post date: 03.09.10 (8:44 am)

u0StCA Excellent article, I will take note. Many thanks for the story!



posted by: Levitra Cialis Viagra (reply)
post date: 03.18.10 (8:27 am)

This simply remarkable message



posted by: iodisasubmada-tool (reply)
post date: 05.16.10 (4:28 pm)

Ya, mungkin karena itu




posted by: vente cialis en pharmacie (reply)
post date: 06.18.10 (8:51 am)

So why you do this?



posted by: Rosalin (reply)
post date: 06.30.10 (2:40 am)

artikel yang bagus, bagiku ini tambahan bekal kerja di lapangan. aku menyimpannya. Thank's alot.



posted by: скрытый маркетинг (reply)
post date: 10.28.10 (11:48 pm)

Интересная мысль, возьму на заметку.



posted by: Dondedgepup (reply)
post date: 11.30.10 (3:24 pm)

Very nicce!



posted by: Mima (reply)
post date: 01.19.11 (10:59 pm)

Thank for your article. It is important for me.



posted by: Single Kontakt aus Dortmund (reply)
post date: 02.06.11 (1:06 pm)


Actions speak louder than words.



posted by: laptop notebook (reply)
post date: 04.13.12 (2:02 pm)

Enjoyed every bit of your blog post.Really looking forward to read more. Want more.



posted by: notebook review (reply)
post date: 04.14.12 (7:22 pm)

lk6UaN Im thankful for the blog article.Much thanks again. Want more.



posted by: Bristol Airport Hotels (reply)
post date: 04.18.12 (9:34 pm)

IAXwWU Major thankies for the article.Really thank you! Really Great.



posted by: crork (reply)
post date: 09.20.12 (8:54 am)

mER7aI Really enjoyed this blog article.Thanks Again. Much obliged.



posted by: crork (reply)
post date: 09.21.12 (8:42 am)

mSfegi Wow, great article post.Really thank you!



posted by: bookmarking submission (reply)
post date: 10.21.12 (9:34 am)

A0rZ70 Really informative post.Really looking forward to read more. Awesome.



posted by: bookmarking service (reply)
post date: 11.04.12 (7:16 pm)

M3pQRy Appreciate you sharing, great article post.Thanks Again. Fantastic.



posted by: pills for weight loss (reply)
post date: 02.01.13 (10:59 pm)

QdyNAV I am so grateful for your blog article. Awesome.



posted by: buy clomid no prescription (reply)
post date: 03.01.13 (4:43 am)

QRXRYL Thanks-a-mundo for the blog post.Much thanks again. Much obliged.



posted by: good seo (reply)
post date: 05.25.13 (12:25 am)

kYIZ10 Appreciate you sharing, great post. Really Great.



posted by: seo service (reply)
post date: 05.27.13 (12:37 pm)

PG3iUv I am so grateful for your article post.Really looking forward to read more. Want more.



posted by: social bookmarks (reply)
post date: 06.19.13 (5:08 am)

3OJktz Enjoyed every bit of your blog.Thanks Again. Great.



posted by: great service (reply)
post date: 07.04.13 (8:51 am)

8EYT78 I loved your blog.Really thank you! Great.



posted by: here (reply)
post date: 07.23.13 (2:34 pm)

Thanks-a-mundo for the blog. Really Great.



posted by: this site (reply)
post date: 07.24.13 (4:13 pm)

Enjoyed every bit of your blog.Much thanks again. Will read on...



posted by: hot news (reply)
post date: 07.26.13 (3:42 am)

bbIZxm Very good post.



posted by: greatest news (reply)
post date: 08.02.13 (8:28 am)

Really informative post. Much obliged.



posted by: greatest news (reply)
post date: 08.02.13 (1:23 pm)

ZXuXRg Thanks so much for the blog article.Really looking forward to read more.



posted by: great link buildng (reply)
post date: 08.19.13 (10:59 am)

ik9tw7 Appreciate you sharing, great article post.Really thank you!



posted by: best link building (reply)
post date: 09.03.13 (8:59 pm)

EW33yS Thanks for sharing, this is a fantastic article post.Much thanks again.



posted by: the best seo service (reply)
post date: 09.06.13 (7:49 am)

VoTsRv Major thankies for the post.Thanks Again. Awesome.



posted by: pro link building (reply)
post date: 09.24.13 (10:33 am)

lMDV4J Very informative post.Much thanks again. Will read on...



posted by: link building team (reply)
post date: 10.16.13 (9:39 am)

LYIr6t Im thankful for the post.Really looking forward to read more. Awesome.



posted by: take a look at it! (reply)
post date: 10.25.13 (3:42 am)

QqHhx8 Wow, great blog article. Really Cool.



posted by: top seo guys (reply)
post date: 10.30.13 (10:30 pm)

QrXCYp Really informative post.Much thanks again. Cool.



posted by: click here (reply)
post date: 11.17.13 (1:03 pm)

UrdS0n Major thankies for the blog.Much thanks again. Cool.



posted by: you want this now (reply)
post date: 12.14.13 (1:37 pm)

yBXzuM Muchos Gracias for your article. Great.



posted by: check it out (reply)
post date: 01.07.14 (4:48 am)

fBEHQS Very neat blog post.Really thank you! Cool.



posted by: nice site here (reply)
post date: 01.16.14 (10:58 pm)

WT2O0y I am so grateful for your blog article.Much thanks again. Keep writing.



posted by: awesome things! (reply)
post date: 02.28.14 (8:58 am)

b3KnGp I truly appreciate this blog.Really looking forward to read more. Fantastic.



posted by: check it out (reply)
post date: 03.22.14 (2:10 pm)

xiDRUo Very neat article post.Really looking forward to read more. Cool.



posted by: check it out (reply)
post date: 04.01.14 (4:03 am)

BeJCph Very neat blog post.Thanks Again. Want more.



posted by: best prices (reply)
post date: 05.12.14 (8:04 am)

YAgoZ4 Thanks so much for the article.Really looking forward to read more. Want more.



posted by: seo company (reply)
post date: 06.04.14 (3:39 pm)

p12Q19 I really liked your blog article.Much thanks again. Cool.



posted by: awesome seo (reply)
post date: 06.17.14 (10:20 am)

oY3pF6 Very neat blog article.Much thanks again. Really Cool.

Your Name:


Your Comment:


Blog ini hanya untuk iseng saja di kala senggang, meskipun kita semua pasti yakin bahwa tidak ada yang namanya waktu senggang itu, karena waktu pasti berguna, apa pun yang kita lakukan. Seperti dalam kerangka teori relativitas, maka dimensi waktu tidak berbeda dengan dimensi jarak, meskipun pada kenyataannya kita belum bisa mengendalikan si waktu itu. Apa pun yang kita lakukan...si waktu akan tetap berjalan.